Dosen PGSD Untirta Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 2024 di SD Negeri Karundang 1

Posted on

Pada Hari Rabu, 11 Juni 2024, Program Studi PGSD Untirta melaksnakan pengabdian kepada masyarakat di SDN Karundang 1 Kota Serang dilaksanakan dengan fokus meningkatkan mutu pendidikan melalui workshop penyusunan dan evaluasi berbasis digital bagi guru SD di Kota Serang.

Rina Yuliana, M.Pd, sebagai Ketua Program Studi PGSD Untirta, menegaskan komitmennya untuk mengembangkan kompetensi guru secara rutin. Workshop ini selain oleh dosen dan guru dihadiri juga oleh mahasiswa PPG Prajabatan dari Prodi PGSD Untirta, dengan tujuan memberikan opsi evaluasi yang lebih menarik dan interaktif bagi guru serta mahasiswa PPG.

Encep Andriayana, M.Pd, selaku Dosen PGSD Untirta dan Ketua Pelaksana kegiatan, menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi dan kontribusi positif dalam mengatasi masalah konsentrasi siswa yang menurun. Workshop berbasis digital diperlukan untuk memperkenalkan metode evaluasi yang lebih menarik dan dapat diakses melalui handphone atau PC.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut, pemateri Laksmi Evasufi Widi Fajari, M.Pd, yang juga merupakan dosen PGSD Untirta dan memiliki popularitas sebagai Tiktoker dengan banyak pengikut, turut memberikan kontribusi dengan menyampaikan berbagai jenis alat evaluasi digital seperti Quizizz, Kahoot, dan lainnya yang menarik dan seru bagi peserta workshop.

Partisipasi hampir seluruh dosen PGSD dari Untirta dalam program ini menunjukkan komitmen mereka terhadap pengembangan pendidikan di tingkat sekolah dasar, serta keseriusan dalam memberikan kontribusi nyata melalui pengabdian kepada masyarakat dengan memperkenalkan teknologi pendidikan yang inovatif dan menghibur.